Minggu, 20 April 2008

SAMBUTAN MPS GKSBS

Sinode GKSBS sejak diresmikan pada tanggal 6 Agustus 1987 belum memiliki buku katekisasinya sendiri bagi jemaat-jemaat. Maka berdasarkan keputusan Sidang VI Sinode GKSBS, MPS menugasi Pdt. Yussar Yanto untuk menyusun buku katekisasi yang relevan dan kontekstual untuk jemaat-jemaat dengan memperhatikan hasil-hasil Konsultasi Penyusunan Buku Katekisasi yang diselenggarakan oleh MPS pada tanggal 20-21 Juli 1988 di Metro.

Buku katekisasi yang diharapkan itu kini telah tersedia, berjudul "Ikutlah Aku", sebagai buku ­pedoman bagi katekis. Buku tersebut bukan buku untuk murid. Penulis berusaha menjawab tiga masalah besar dalam katekisasi, yaitu masalah bahan yang kurang memadai, metode yang kurang mengembangkan katekumen dan kekurangan perlengkapan bagi katekis. Pengembangan katekumen memakai pendekatan tridaya (cipta, rasa-karsa dan karya atau kognitif, afektif dan motoris) Di bawah simbol gereja sebagaimana diterangkan dalam pendahuluan, buku ini membahas pokok-pokok pengajaran yang relevan dan kontekstual kini dan mendatang. Dalam proses katekisasi diusahakan untuk men-subjek-kan katekumen.

Puji syukur kepada Tuhan Raja Gereja dengan tersedianya buku ini. Semoga menjadi berkat bagi pengembangan katekisasi jemaat MPS menganjurkan para majelis jemaat agar memakai buku ini. Kita masih perlu mengusahakan buku-buku katekisasi lainnya di samping juga berusaha menyempurnakan buku "Ikutlah Aku" ini.

Metro, Januari 2002

Pdt. Basuki Djati Murdowo, S.Th

Sekretaris Umum

Tidak ada komentar: